Selasa, 28 Maret 2017

TUGAS ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN KASUS ELEKTRO (FLOWCHART PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MATAHARI)




Flow Chart Pembangkit Listrik Tenaga Matahari ( Sel Surya )
                Energi yang paling banyak manfaatnya dimuka bumi ini adalah energi matahari. Kenapa? Karena matahari merupakan sumber dari segala dimuka bumi ini, bukan hanya berfungsi untuk menerangi bumi, dan fotosintesis buat tanaman saja, tapi energi matahari juga dapat berfungsi dalam membuat tenaga listrik yaitu pembangkit listrik tenaga matahari atau yang biasa dikenal dengan nama sel surya, dimana sumber utamanya tetaplah cahaya matahari.
                Penjelasan dari flowchart diatas adalah pertama kita mendapatkan cahaya matahari dan kemudian langsung diserap oleh Panel surya yang terdiri wafer silicon. Ukuran dari wafer silicon ini tergantung kepada berapa banyak daya yang kita butuhkan. Lalu arus yang dihasilkan oleh panel surya harus melewati Solar Charge Controller terlebih dahulu untuk mengatur tegangan dan arus input pengisian baterai sehingga tidak terjadi overcharge atau overvoltage , serta mengatur arus saat baterai discharge agar tidak terjadi discharge berlebihan.
Kemudian energi  di simpan baterai, setelah di simpan lalu arus DC hasil pembangkitan dari sel surya di ubah menjadi AC melalui Solar Inverter  ,hal ini berfungsi untuk membuat panel surya sebagai penyuplai daya ke grid atau off grid electrical network. Kemudian daya listrik ini ditampung di gardu induk yang kemudian di transfer ke distributor PLN untuk didistribusikan ke konsumen masyarakat sekitar.
Itulah penjelasan simple dari flowchart tentang pembangkit listrik tenaga matahari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar