Kamis, 16 November 2017

ARTIKEL PROSESR AMD ALTHON 64

PROSESOR AMD ATHLON 64

Prosesor AMD Athlon 64 adalah sebuah mikroprosesor 64-bit yang dibuat oleh Advanced Micro Devices. Prosesor ini dimanufaktur dengan menggunakan proses manufaktur 130 nanometer atau 90 nanometer dan teknologi Silicon-On-Insulator (SOI). Prosesor ini adalah prosesor 64-bit dengan set instruksi AMD64, yang merupakan sebuah ekstensi terhadap set instruksi x86 yang berupa set instruksi 32-bit. Dengan menggunakan set instruksi AMD64, Athlon 64 dapat menjalankan aplikasi 32-bit secara native, selain tentunya dapat menangani aplikasi 64-bit. Ini berbeda dengan prosesor Intel IA-64 (ItaniumItanium 2) yang benar-benar menggunakan set instruksi yang 64-bit (bukan ekstensi terhadap x86), sehingga prosesor IA-64 tidak dapat menangani aplikasi 32-bit secara native (dibutuhkan proses emulasi untuk mengekeskusi aplikasi 32-bit).
Athlon 64 menggunakan satu buah link HyperTransport 16-bit agar dapat dikoneksikan ke chipset motherboard. Ini berbeda dengan prosesor AMD64 lainnya, AMD Opteron dan AMD Athlon 64 FX-51/FX-53 (Socket-940), yang memiliki tiga buah link HyperTransport (dua link dapat digunakan untuk dihubungkan dengan prosesor lainnya, sementara satu link lagi dihubungkan dengan chipset I/O motherboard).
AMD Athlon 64 pada saat dikembangkan memiliki nama kode Clawhammer, sebab memang set instruksi AMD64 memiliki julukan sebagai "Hammer". Arsitektur AMD64 juga sering disebut sebagai K8 karena memang penerus arsitektur K7 yang digunakan oleh keluarga prosesor AMD Athlon (Athlon, Athlon XPSempronDuron).
AMD Athlon 64 ditujukan untuk pasar desktop mainstream berkinerja tinggi, sehingga menjadikan AMD Athlon XP pun pensiun menjadi flagship prosesor desktop AMD, seolah-olah AMD Athlon XP menjadi "Duron"-nya AMD Athlon 64, sebelum digantikan oleh AMD Sempron.

Nama prosesor
AMD Athlon 64
Clawhammer, Newcastle, Winchester, San Diego, Venice
Dirilis
23 September 2003
Proses manufaktur
130 nanometer (Clawhammer, Newcastle)
90 nanometer (Winchester, Venice)
Kecepatan bus
1600 MT/s HyperTransport (Clawhammer, Newcastle)
2000 MT/detik HyperTransport (Winchester, Venice)
Range kecepatan
1800 MHz hingga 2600 MHz
Range Thermal Design Power (TDP)
59 Watt hingga 89 Watt
Set Instruksi
AMD64 (x86-64), MMX, 3DNow!, SSE, SSE2 (semua versi), SSE3 (Venice)
Fitur tambahan
Kontrolir memori terintegrasi di dalam prosesor: 64-bit DDR-SDRAM PC2700 (Clawhammer/Newcastle), 128-bit DDR-SDRAM PC3200 (Winchester/Venice), untuk mempercepat akses kepada memori (karena memang memori diakses langsung oleh prosesor, tidak melewati chipset).

Cool-n-Quiet (manajemen daya prosesor secara otomatis).
Pipeline
12-stage
Cache Level-1
128 KB (64 KB Instruction cache + 64 KB Data cache) , 2-way Set Associative, Write Back, dengan ukuran line 64 byte.
Cache Level-2
1024 KB (Clawhammer)/512 KB (Newcastle, Winchester, Venice), 128-bit, 16-way Set Associative, Write back, dengan ukuran line 64 byte.
Jumlah transistor
105,9 juta transistor (Clawhammer).
Interkoneksi ke motherboard
1.5 Volt (Clawhammer)/1.400 Volt (Newcastle, Winchester)/1.35 Volt (Venice)

Kinerja prosesor ini mengesankan: selain dapat mengeksekusi instruksi 64-bit dan 32-bit, dengan hanya menggunakan kecepatan yang lebih rendah, ia dapat menyamai kinerja dari prosesor Intel Pentium 4 (Prescott, Cedar Mill) yang memiliki kecepatan yang jauh lebih kencang. Sebelum Intel datang dengan Intel Core 2 Duo, prosesor ini sempat merajai pasaran mainstream (gamer pada khususnya) dan antusias.
A.   TEKNOLOGI PROCESSOR AMD
Prosesor AMD Athlon prosesor x86 paling kuat di dunia, mengalahkan Prosesor Pentium ® III Intel dan memberikan integer tertinggi, floating point dan 3D kinerja multimedia untuk aplikasi yang berjalan pada  platform sistem x86. The AMD Prosesor Athlon menyediakan kekuatan pemrosesan industri terkemuka untuk perangkat lunak mutakhir aplikasi, termasuk  pembuatan konten digital, mengedit foto digital, video digital, gambar kompresi, encoding video untuk streaming melalui Internet, lembut DVD, 3D komersial modeling, workstation-kelas komputer-aided design (CAD), desktop yang komersial penerbitan, dan  pengenalan suara. Mereka juga menawarkan skalabilitas dan "perdamaian-of-pikiran" Arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit  pada IBM PC/AT, sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua bagian, yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit. ISA merupakan bus dasar dan paling umum digunakan dalam komputer IBM PC, sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI. kehandalan bahwa manajer dan  pengguna bisnis TI memerlukan untuk jaringan komputasi perusahaan.
Prosesor AMD Athlon fitur x86 pertama di industri-generasi ketujuh mikroarsitektur, yang dirancang untuk mendukung prosesor dan sistem yang  berkembang kebutuhan bandwidth dari perangkat lunak muncul, grafis, I / O, dan teknologi memori. Berkecepatan tinggi eksekusi inti mencakup beberapa decoder instruksi x86, dual-porting 128KB besar split-L1 cache, sebuah 256KB besar 2 atau 512KB L2 cache, tiga bilangan bulat independen pipeline, tiga pipeline  perhitungan alamat, dan superscalar pertama di industri x86 itu, sepenuhnya pipelined, out-of-order, tiga-cara mesin floating point.
Athlon 64 adalah sebuah seri prosesor generasi kedelapan yang dibuat oleh AMD untuk menggantikan kedudukan prosesor pendahulunya, yaitu Athlon XP.Sebenarnya terdapat tiga kelompok prosesor kelas desktop yang menyandang nama Athlon. Ketiga kelompok prosesor tersebut adalah :
 AMD Athlon „Classic‟ dan  Thunderbird (berbasis mikroarsitektur AMD K7)
 AMD Athlon XP ( berbasis mikroarsitektur AMD K7 )
 AMD Athlon 64 ( berbasis mikroarsitektur AMD K8 )

yang terdiri dari :
 Prosesor single core : Athlon 64, Athlon 64 FX
 Prosesor dual core : Athlon 64 X2, Athlon X2, dan Athlon 64 FX


Prosesor AMD Athlon yang kompatibel dengan motherboard berdasarkan AMD Socket A faktor bentuk, yang memanfaatkan umum tersedia chassis, power supply, dan solusi termal. Selain itu, prosesor AMD Athlon diproduksi pada 0,18 mikron teknologi proses aluminium kuat AMD di Fab 25 di Austin, Texas dan terdepan teknologi HiP6L proses 0,18-mikron AMD menampilkan interkoneksi tembaga di fasilitas terbaru, Fab 30, di Dresden, Jerman. itu sekitar 37 juta transistor  baru prosesor AMD Athlon memiliki ukuran die 120 mm2 pada teknologi 0,18 mikron.

Gambar Athlon 64 processor architecture

Pada kelompok prosesor  AMD Athlon 64, terdapat dua nama yang sama yang sebenarnya berbeda satu dengan lainnya, yaitu  Athlon 64 FX. Kelompok Athlon 64 FX yang pertama adalah prosesor single core, sedangkan kelompok Athlon 64 FX  yang kedua adalah  prosesor dual core. Jelas perbedaannya terletak pada  jumlah core (inti) yang terkandung dalam kemasan  prosesor. Kelompok pertama mengandung core tunggal, kelompok kedua mengandung core ganda (dua buah inti). Persamaannya, keduanya diproduksi dengan target  pemasaran utama adalah para ‘enthusiast’ (penggemar) komputer dan para gamers.


B.   Mikroarsitektur dan Fitur prosesor Athlon 64
Athlon 64 merupakan prosesor kedua yang mengimplementasikan arsitektur 64 bit (AMD64). Prosesor yang pertama kali mengimplementasikan arsitektur ini adalah Opteron yang merupakan prosesor kelas server. Meskipun tergolong prosesor 64 bit,  prosesor Athlon 64 tetap kompatibel dengan instruksi x86 32 bit maupun 16 bit
Prosesor keluarga Athlon 64 berbasis mikroarsitektur AMD K8. Mikroarsitektur K8 adalah revisi dari mikroarsitektur K7 dengan tambahan fitur-fitur baru seperti AMD64 (pengembangan 64 bit ke dalam set instruksi x86).
Penambahan memory controller ke dalam chip („memory controller‟ internal, integrated, atau on die) yang berjalan dengan clock rate yang sama dengan clock rate prosesornya. Hal ini berarti sinyal elektris dapat diangkut melalui jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan interface northbridge, dan secara signifikan dapat memperkecil latency saat mengakses memori utama.Kecilnya faktor latency ini merupakan salah satu keunggulan dari arsitektur Athlon 64.
Implementasi HyperTransport (penerapan performansi tinggi koneksi „point -to- point‟ yang merupakan bagian dari arsitektur „Direct Connect‟) untuk menggantikan Front Side Bus tradisionil yang selama ini dipakai. Peningkatan kapasitas L2 Cache hingga 1 MB.Kecuali prosesor Athlon 64 3300+ Newcastle, seluruh prosesor keluarga Athlon 64 memiliki L2 Cache 512 KB atau 1 MB. Penambahan fitur SSE2 (Streaming SIMD Extention 2) yang tak lama kemudian ditambahkan pula SSE3 (Streaming SIMD Extention 3). Berikut system interkoneksi pada processor AMD Athlon 64 :

Gambar  Sistem Interkoneksi AMD Athlon 64

C.   AMD Athlon 64 & VIA K8T900 VIA K8T900
mengintegrasikan teknologi VIA Hyper8 mendukung 1GHz/16-bit HyperTransport prosesor-to-chipset link, yang memberikan hingga 8GB / s bandwidth untuk membantu memastikan semua sistem berbasis  prosesor AMD64 mencapai potensi kinerja penuh mereka. The VIA K8T900 chipset juga memanfaatkan arsitektur bus asynchronous, menyediakan pilihan optimasi sistem ditingkatkan untuk memungkinkan  pengguna kekuatan untuk menekan sangat maksimal dari sistem mereka. Dirancang untuk mendukung rangkaian lengkap AMD Athlon ™ 64, Athlon 64 FX, Opteron ™, dan Sempron ™ prosesor VIA K8T900 memungkinkan solusi performa tinggi untuk platform AMD dengan konektivitas diperluas untuk mendukung tuntutan baru seperti konfigurasi Dual kartu grafis terbaru , dan menggabungkan fitur bertujuan untuk memberikan  performa yang tak tertandingi bagi masyarakat antusias hari ini.[8] Gambar  Block Diagram chipset K8T900 dengan sistem interkoneksi dengan AMD Fitur dari chipset K8T900.
Asynchronous Bus Architecturersitektur bus asynchronous VIA K8T900 memungkinkan pengguna kekuatan untuk sepenuhnya mengoptimalkan pengaturan sistem mereka untuk gaming PC utama dan pengalaman hiburan, dengan tetap menjaga stabilitas platform yang  ultra V-Link BusMenyampaikan kecepatan throughput data hingga 1.066 MB / s dari Jembatan VIA VT8251 Selatan ke VIA K8T900 North Bridge, Ultra V-Link antarmuka memberikan lebar pita yang dibutuhkan dan latency rendah diperlukan oleh aplikasi semakin menuntut multimedia saat ini. VIA Modular Arsitektur Landasan VIA K8T900 adalah bagian dari unik Modular Arsitektur platform VIA (V-MAP), yang dapat meminimalkan waktu desain dan waktu-ke-pasar untuk mitra motherboard melalui fleksibel, pin-kompatibel pendekatan desain untuk VIA core-logic solusi. Mitra Motherboard mampu menutupi segmen pasar dengan sumber daya desain, dan juga manfaat dari basis driver tunggal terpadu.


 



Dibandingkan intel, AMD sejak zaman athlon64 memiliki fitur-fitur seperti:
- Hyper Transport Tekhnologi Penggandaan Bus pada jalur system sehingga data yang dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak karena lalu lintas data yang lebih cepat.
- Enhanced Virus Protection (EVP) Tekhnologi yang memungkinkan processor untuk mengenali virus dan sejenisnya sehingga eksekusi terhadap data tersebut tidak akan dilanjutkan oleh processor.
- Integrated Memory Controller Memungkinkan Processor untuk melakukan pengaksesan memory langsung tanpa melewati chipset northbridge terlebih dahulu.
- Dual Core Pemasangan 2 buah core pada satu processor yang berarti terdapat 2 pengeksekusi perintah dalam satu processor.
- Cool’n’Quiet Peningkatan kinerja prosesor sering meningkatkan konsumsi power dan kebisingan. Dengan teknologi ini memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan.-
- AMD64 Technology Teknologi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbasis 64 bit.
Dari semua processor yang diproduksi AMD, hampir semuanya adalah lawan bagi processor intel. Inilah daftar processor AMD yang menjadi tandingan intel:
AMD intel
Versi Value : AMD Sempron intel celeron
versi Single Core mainstream : AMD Athlon 64 intel pentium 4
Versi Dual Core : AMD Athlon X2 intel core 2 duo
Versi Quad Core : AMD Phenom X4 intel core 2 quad
Versi High Extreme : AMD Opteron X4 intel core 2 extreme

uniknya, AMD mengeluarkan processor 3 inti yaitu AMD Phenom X3. Padahal releasenya tidak lama setelah mereka mengeluarkan AMD Phenom X4. Tambah lagi harganya yang murah, fitur MMX,SSE,SSE2,Enhanced 3DNow!,NX bit,AMD64 (implementasi AMD’s X86-64), dan Cool’n'Quiet kecuali prosesor Athlon 64 FX SledgeHammer. Prosesor ini dilengkapi fitur-fitur tadi kecuali fitur Cool’n'Quiet. Bahkan sebagian varian prosesor Athlon 64, juga diperkaya dengan tambahan fitur-fitur lainnya, misalnya fitur SSE3 dan AMD Virtualization. Nxbit kependekan dari No Execute bit, merupakan fitur sekuriti yang oleh AMD disebut juga dengan istilah ‘Enhanced Virus Protection.’ Fitur ini berguna untuk memperbaiki proteksi (perlindungan) dari gangguan program pengganggu (malware) yang mencoba mengambil alih dan mengontrol sistem.
Fitur Cool’n’Quiet mirip dengan fitur SpeedStep yang ada pada prosesor Intel.Keduanya merupakan teknologi untuk menurunkan kecepatan (clock speed) kerja prosesor yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi daya listrik dan mengurangi panas yang ditimbulkan oleh prosesor. Apabila pengguna komputer sedang bekerja menggunakan program aplikasi ringan dan prosesor tak terbebani oleh tugas-tugas kerja yang lain, maka clock speed dan voltase yang digunakan prosesor akan menurun, besar daya yang dikonsumsi oleh prosesor juga menurun. Pernah diinformasikan bahwa prosesor yang memiliki TDP maksimum 89 Watt dapat menurun sampai 32 Watt (stepping C0) sedangkan clock speed menurun sampai 800 MHz, atau, TDP menurun sampai 22 Watt (stepping CG) dan clock speed menurun sampai 1000 MHz. Sehingga para gamer maniak melirik processor ini.
   Meskipun processor amd ini bagus,tapi masih ada kekurangannya :
1. Masalah klasik AMD adalah panas dari dulu sampai sekarang, namun itu sudah bisa diatasi dengan menggunakan kipas pendingin yang lebih baik (yang standarnya sudah mencukupi)
2.  Beberapa aplikasi secara khusus ditulis untuk secara optimal digunakan di prosesor AMD, sebagai contoh benchmark dan beberapa software spesifik lainnya.
3. Tidak semua game kompatibel dengan AMD, karena adanya perbedaan instruksi dalam prosesornya, tapi jumlahnya ini amat sedikit.
4. Brand Image yang kurang tertanam di para pengguna komputer, yang rata-rata hanya mengenal Intel sebagai pemasok prosesor.

SUMBER :




1 komentar:

  1. Casino Site Review - Lucky Club Live
    Looking for casino site review? ✓ Check the official site and compare it's 카지노사이트luckclub usability ✓ Get latest bonuses. ☝️ Online Casino ✓ Slots ✓ Roulette ✓ Blackjack.

    BalasHapus